Blog Hukum FYH

JAMINAN DALAM KEGIATAN PEMBIAYAAN ANJAK PIUTANG

Posted on: 12/12/2009

JAMINAN DALAM KEGIATAN PEMBIAYAAN ANJAK PIUTANG

Dalam suatu transaksi anjak piutang biasanya pihak penjual piutang (Clien) selalu memberikan jaminan-jaminan tentang piutang yang akan dijual kepada perusahaan anjak piutang. Jaminan tersebut misalnya yang akan dijual bebas dari hak jaminan pihak ketiga. Penjual piutang tidak menjual ulang piutang tersebut dan juga penjual piutang (Clien) menjamin bahwa piutang yang dijual tersebut bebas dari sengketa. Perlunya pihak penjual piutang (Clien) memberikan jaminan seperti itu bertujuan untuk mengurangi resiko non pembayaran oleh debitur (Costumer) yang dibebankan pada perusahaan anjak piutang. Apabila piutang yang dijual tidak dapat ditagih, oleh karena jaminan-jaminan yang diberikan penjual piutang (Clien) tidak benar, maka penjual piutang (Clien) berkewajiban untuk menanggung kerugian dari perusahaan anjak piutang.

Dalam perjanjian anjak piutang perusahaan niaga, Factoring Corporation mengenai masalah jaminan yang diberikan oleh penjual (Clien) terhadap piutang yang akan dijual kepada pembeli piutang (Factor) di atur dalam Pasal 19 antara lain :

  1. Penjual piutang yang menjamin kecuali yang telah diberikan kepada pembeli piutang secara tertulis, penjual piutang tidak mempunyai suatu jaminan beban-beban yang bersifat tetap atau tidak tetap yang masih berlaku atau setiap bagian yang kekayaan atau kegiatannya dan penjual piutang mengikat diri untuk memberitahukan kepada pembeli piutang secara tertulis sebelum melakukan pembebanan tersebut.
  2. Selama berlakunya perjanjian anjak piutang ini, penjual piutang mengikat diri untuk, tanpa persetujuan terlebih dahulu secara tertulis dari pembeli piutang, tidak mengalihkan, membebankan atau dengan cara lain memindah tangankan suatu piutang yang timbul dari penjualan kredit yang bukan kepada pembeli piutang maupun untuk mengadakan suatu perjanjian untuk melakukan hal tersebut.
  3. Penjual piutang menjamin kepada pembeli piutang bahwa semua piutang yang penjual piutang tawarkan kepada pembeli piutang berdasarkan atau sesuai dengan perjanjian anjak piutang sepenuhnya dapat dilaksanakan dan tidak diperselisihkan dan piutang adalah milik penjual piutang yang tidak dibebani atas mana penjual piutang bebas untuk memperdagangkan, terlepas dari suatu hak jaminan atau beban apapun.
  4. Penjual piutang mengikatkan diri untuk menjamin bahwa semua piutang yang diterima oleh pembeli piutang (Clien) adalah bebas dari hak kompensasi atau tuntutan balik apapun antara penjual piutang dan para pelanggannya.
  5. Penjual piutang mengikatkan diri untuk memenuhi semua ketentuan dan kewajiban penjual piutang yang timbul dari atau tercantum dalam setiap kontrak mengenai perjanjian kredit.
  6. Penjual piutang mengikatkan diri untuk memenuhi persyaratan, apabila diminta oleh pembeli piutang, untuk mendatangani dan menyerahkan dokumen jaminan tambahan dalam rangka menjamin pelaksanaan dan pemenuhan kewajiban-kewajiban pembayaran penjualan piutang berdasarkan perjanjian anjak piutang ini.
  7. Semua biaya hukum, ongkos-ongkos, biaya-biaya dan pengeluaran-pengeluaran lainnya yang layak dan wajar dikeluarkan oleh pembeli piutang untuk membebaskan piutang dari hak jaminan, hak-hak yang diprioritaskan akan beban lain atau dalam pelaksanaan hak-hak pembeli piutang dalam hubungannya dengan piutang tersebut atau berdasarkan perjanjian ini harus dibayar oleh penjual piutang.

Isi Perjanjian di atas dapat dikatakan bahwa penjual piutang (Clien) berkewajiban untuk menjamin piutang yang akan dijual itu bebas dari segala hal yang dapat menimbulkan bagi pemberi piutang. Ini semakin mempertegas bahwa dalam perjanjian anjak piutang ini prinsip yang dianut ialah untuk membebankan resiko kepada salah satu pihak yaitu pihak penjual piutang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: